Apresiasi Persib Juara Melalui Pameran Fotografi


persib juara-1

Sepak bola, mungkin sebuah cabang olah raga yang paling digemari di muka bumi. Menurut data yang dikeluarkan oleh BBC  bahwa tahun 2010 rata-rata setiap satu pertandingan di Piala Dunia ditonton oleh 188,4 juta orang. FIFA sendiri selaku badan dunia yang mengurusi sepak bola pada penyelenggaraan Piala Dunia 2010 yang diselenggarakan di Afrika Selatan merilis data yang menunjukkan bahwa 3,2 miliar orang menyaksikan setidaknya satu menit Piala Dunia. Dalam sebuah pertandingan sepak bola supporter juga sebagai kekuatan. Bahkan Jock Stein pernah mengatakan,football is nothing without fans. Dukungan para supporter ini sangat berarti bagi para pemain sepak bola, ini juga yang dirasakan oleh Garry Neville ketika berlaga di lapangan hijau, “Without them you don’t have anything,” ujarnya.

Banyak cara dilakukan oleh para suporter untuk mendukung tim kesayangannya. Mulai dari menggunakan atribut yang melambangkan tim kesayangannya hingga yel-yel pembakar semangat. Tapi sesuatu yang agak berbeda ditampilkan oleh supporter Persib Bandung atau lebih dikenal dengan bobotoh. Bobotoh yang tergabung dalam WFB (Wartawan Foto Bandung) ini mengapresiasikan kecintaannya terhadap klub kebanggaan kota Bandung ini dengan menggelar pameran foto bersama dari hasil liputan mereka yang diberi judul Persib Juara 2104.

Pameran Foto Bersama “Persib Juara 2014″ ini melibatkan para pewarta foto dari beberapa media antara lain, PIKIRAN RAKYAT: Andri Gurnita, Ade Bayu Indra, Usep Usman Nasrulloh, Harry Surjana, Armin Abdul Jabbar, Deden Iman, Arif Hidayah, Dudi Sugandi; TRIBUN JABAR: Deni Denaswara dan Gani Kurniawan; KORAN SINDO JABAR: Irfan Al-faritsi, Adam Erlangga, Djuli Pamungkas, Dede Arip Rachman; KOMPAS: RonyAriyanto ; GALAMEDIA: M. Fadillah, Darmalegi, Deni Sahbudin; REPUBLIKA: Yogi Ardhi, Septianjar Muharam, Edi Yusuf; INILAH KORAN: Bambang Prasetyo, Samsoedin Nasution; RADAR BANDUNG: Ramdhani, Khairizal Maris; BANDUNG EKSPRESS: Denny Kusdinar, Fajri Achmad; KORAN TEMPO: Prima Mulia, Aditya Herlambang Putra; PERSIB.CO.ID: Jatnika Sadili; SIMAMAUNG.COM:  Otto Sya’ban Pramadhan; SUARABOBOTOH.COM: Helmi M Permana, Tri Aji; BANDUNGNEWSPHOTO.COM: AdamHusein, Agustian Putra; JUARANEWS.COM: Arif Rahman; MEDIA INDONESIA:  Rommy Pujianto dan TOP SKOR:  Jessica Margaretha. Pameran ini  dikuratori oleh para wartawan senior yakni Zelphi, M. Gelora Sapta dan Imam Cahyadi.

Pameran tersebut berlangsung dari tanggal 19 Januari hingga 1 Februari 2015 di Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan No. 5 Bandung. Persib Juara memamerkan 75 buah karya fotografi yang dicetak dengan ukuran 60 x 80 cm ini dibagai dalam beberapa kategori. Kategori pertama yakni, “Perayaan Juara”. Pada kategori ini memperlihatkan bagaimana Persib disambut begitu meriah oleh sebagian besar masyarakat Bandung. Hal ini bisa terlihat dari karya foto yang ditampilkan oleh  Deden Iman dengan judul Pesta Rakyat Syukuran Persib. Pada karya fotonya, Deden merekam momen ketika para pemain Persib Bandung disambut ribuan bobotoh saat mengarak trofi kemenangan di Jalan AH Nasoetion, Kota Bandung.

Kategori kedua yaitu “Persiapan”, mengenai momen saat Persib melakukan sesi latihan, seperti yang ditunjukkan dalam karya foto Otto Sya’ban Pramadhan yang berjudul “Latihan Dengan Masker”. Pada karya ini memperlihatkan skuad Persib Bandung mengenakan masker saat menggelar sesi latihan di Stadion Persib, Bandung. Penggunaan masker untuk mengantisipasi dampak abu vulkanik dari erupsi Gunung Kelud. Kategori selanjutnya yaitu Persib Juara, menampilkan saat-saat Persib mengangkat trophy seperti foto yang diabadikan oleh Deni Denaswara dalam fotonya yang beri judul “Angkat Trophy”. Foto ini memperlihatkan saat Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar bersama pemain mengangkat trophy Liga Super Indonesia 2014 seusai pertandingan babak final lawan Persipura Jayapura di Stadion Jakabaring, Palembang.

Untuk kategori Pertandingan LSI 2014 ini berisikan berbagai rekaman peristiwa-peristiwa yang dilalui oleh Persib selama musim kompetisi 2014 yang lalu. Salah satunya foto karya Andri Gurnita yang diberi judul “Jatuh Terjerembab”. Dalam fotonya tersebut memperlihatkan salah satu pemain tengah Persib M Taufik berjibaku dan jatuh terjerembab saat membawa bola akibat dihadang pemain Persita Hari Habrian pada pertandingan Liga Super Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Kab. Bandung. Pada kategori Sisi Lain, Wartawan Foto Bandung merekam kegiatan Persib di luar lapangan hijau. Seperti yang ditampilkan oleh Armin Abdul Jabbar dalam karyanya yang berjudul “Joged Bersama”. Dalam karyanya ini, Armin memperlihatkan Skuad Persib Bandung yang sedang berjoged bersama saat menghadiri pernikahan Hariono-Fianita di Sidoarjo, Jawa Timur.

Disela-sela pameran yang sedang berlangsung, Andri Gurnita selaku ketua dari WFB menjelaskan latar belakang diselenggarakan pameran Persib Juara. “Ini moment yang luar biasa ketika Persib menjadi juara setalah 19 tahun. Dengan diselenggarakan pameran ini, saya dan rekan-rekan dapat memberikan suatu catatan sejarah rekaman visual Persib dalam mengarungi kompetisi tahun 2014. Sejak awal hingga perayaan kemenangan kepada masyarakat dan bobotoh yang tidak sempat hadir dalam setiap pertandingan atau menyaksikan momen-momen yang dilalui oleh Persib.” tuturnya.

Komentar yang berkenaan dengan pameran ini juga datang dari seorang pengunjung dan Bobotoh, Sony. Ia sangat mengapresiasi pameran foto ini, “Pameran ini bisa menjadi bukti sejarah.” ujarnya. Berbeda seperti yang diungkap oleh Ricky N Sas. Ia lebih mintikberatkan apresiasinya terhadap foto-foto yang lebih memiliki nilai humanis dan mempunyai relasi antara Persib dan Bobotoh. “Foto-foto seperti itu mewakili siapa sebenarnya Bobotoh,” ungkap Ricky. Baik Sony maupun Ricky N Sas mempunyai suatu pengharapan dengan diselenggarakan pameran ini bisa lebih memotivasi Persib untuk lebih berprestasi dimasa yang akan datang.

 

SUMBER

By Irvan Galuh,

Be the first to write a comment.

Your feedback