Keramik made in Plered (Purwakarta)


Purwakarta – Jalan-jalan ke Purwakarta, tidak jarang traveler mendapati guci atau celengan ayam dari tanah liat atau keramik. Jika tertarik, mampir saja ke Sentra Keramik Plered untuk melihat dan membeli hasil kerajinan setempat.

Nama Kecamatan Plered di Purwakarta memang sudah terkenal sebagai sentra industri keramik dan tembikar. Hasil kerajinannya pun sudah terkenal dan diekspor hingga mancanegara.

Bagi Anda yang menggemari hiasan keramik hingga tembikar pun bisa melihat langsung proses pembuatannya yang masih tradisional di Plered. Lokasinya hanya sekitar 15 Km ke arah Barat dari pusat Kota Purwakarta.

“Plered memang sentra keramik, di sana juga ada UPT (Unit Pelaksana Teknis) pengembangan keramik,” ujar Kabid Pariwisata Purwakarta, Asep Supriatna saat diwawancarai detikTravel via telepon, Kamis (3/12/2015)

Keramik dan tembikar memang seakan menjadi nafas kehidupan masyarakat di Plered. Dari sektor kerajinan tersebut, para pengrajin dapat menciptakan keramik berbagai ukuran dan bentuk dengan variasi harga berbeda.

Hasil kerajinannya juga bervariasi dari pajangan rumah hingga perkakas rumah tangga. Traveler pun bisa membeli langsung kerajinan tersebut dengan harga terbaik di Plered. Harga dari Rp 15 ribu untuk celengan ayam kecil hingga ratusan ribu untuk vas berukuran besar.

“Segala jenis perkakas rumah tangga, termasuk hiasan, harimau, karena memang sentranya di sana. Showcase dekat pabrik pembuatan,” jekas Asep.
Hayuk atuh main ke Purwakarta!

 

*detik.com

*hms2701hazmi.files

*bbk.go.id

 

By rizal,

Be the first to write a comment.

Your feedback