Membuat Game Android Dengan Adobe Flash[1]


Hey hoo… Selamat jam segini buat yang lagi baca ini tutorial 😀

Kali ini kita akan membuat android sederhana.. Artikel ini akan sangat panjang sekali jadi siapkan kopi dan cemilan ya hehehe

LANGKAH PERTAMA

Tahap awal dalam membuat game ini adalah tentu saja mempersiapkan software yang akan kita pakai. Dalam membuat game ini saya biasa menggunakan Adobe Flash CS 5.5 , kalau kalian menggunakan CS 5 juga bisa kok. Saya ga akan menerangkan tentang basic menggunakan adobe flash disini. Jadi saya anggap tidak ada kesulitan dalam menggambar di flash ya 🙂

Yang sudah ada Adobe Flashnya bisa langsung dibuka saja dan yang belum silahkan instal terlebih dahulu 😀

Sebelum masuk ke pembuatan flash ada baiknya kita menyiapkan sebuah folder untuk menyimpan file-file pendukung dalam pembuatan game ini agar rapi dalam pengeleloaan file nantinya. Setelah masuk ke adobe flash.. Tampilan pertama adalah seperti ini :

Karena kita akan membuat game untuk android, kita pilih Air for Android yang terdapat di kiri atas menu

 Jika sudah di klik makan akan muncul tampilan seperti dibawah ini :

Kemudian langsung klik OK di bawah

LANGKAH KEDUA
Berikunya kita sudah masuk kedalam stage adobe flash. Dimana itu adalah yang akan menjadi canvas kita dalam pembuatan game ini . Langkah selanjutnya adalah membuat Class utama dalam game ini. Cara membuat class utama cukup mudah. Coba cari tab property di flash. Jika tidak ada tekan tombol ctrl+f3.maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :
Kemudian di bagian class ketikan nama class utama yang akan kita buat. Misal kita akan memberi nama class kita dengan nama “mainClass”
 Contoh :
Jika sudah di ketikan klik icon pensil yang ada di sebelah kanan nama class. Seperti gambar di atas sudah saya beri kotak warna merah.
 Setelah di klik, makan flash akan otomatis membuat sebuah file actionscript baru yang mana file itu lah yang akan menjadi class utama dalam pembuatan game android ini.

Nah jika sudah silahkan save kedua file tersebut  di folder yang sudah kita siapkan sebelumnya. Beri nama file flash kita dengan nama game.fla  untuk nama class tidak boleh dirubah. Harus sama dengan nama class yang sudah kita tentukan di tab property yang tadi. Artinya kita harus memberi nama class tersebut dengan mainClass.as
Oke selanjutnya bersambung ke post berikutnya 🙂

By Irvan Galuh,

Be the first to write a comment.

Your feedback