Microsoft Office atau WPS Office?


Perbandingan Microsoft office dan WPS

– WPS Office merupakan salah satu aplikasi mobile office terbaik yang bisa di-download untuk smartphone. Pertama kemunculannya aplikasi mobile office ini bernama Kingsoft Office dan kini di-upgrade dengan berbagai pembaharuan dan berganti nama menjadi WPS Office.

Aplikasi buatan sebuah developer asal China bernama Kingsoft ini memang sangat populer di kawasan dunia bagian timur. Namun kini berkat para penggemar setianya, plikasi WPS Office perlahan-lahan mulai digemari oleh para pengguna smartphone di AS.

Microsoft Office untuk Windows dimulai pada bulan Oktober 1990 sebagai paket dari tiga aplikasi yang dirancang untuk Microsoft Windows 3.0: Microsoft Word untuk Windows 1.1, Microsoft Excel untuk Windows 2.0, dan Microsoft PowerPoint untuk Windows 2.0.

Kemudian setelah Microsoft Office populer, pada tahun 1995 Microsoft meluncurkan kembali aplikasi perkantoran ini dengan versi 1995 bersama dengan OS Windows 95-nya. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup,

Nama WPS Office sebagai pengganti Kingsoft Office diambil dari singkatan aplikasi yang terkandung didalamnya yaitu W untuk Writer, P untuk Presentation, dan S untuk Spreadsheet.
Berikut ini keunggulan WPS Office

  1. Memiliki fasillitas reading dengan layout yang bisa di-scroll (digulung dari atas kebawah atau sebaliknya) atau flip (dibalik lembaran demi lembaran seperti kita membaca buku)
  2. Tampilan layar bisa diperbesar dengan tulisan yang bisa di-wrap sehingga tidak terpotong oleh bagian tepi-tepi layar
  3. Dapat link (terhubung) ke cloud storage seperti Dropbox, Google Drive, One Drive, dan lain sebagainya. Aplikasi office lainnya seringkali gagal dalam melakukan linking meski fasilitas untuk linking sudah tersedia
  4. Ada tombol untuk menampilkan keyboard, aplikasi lain mengharuskan user mengetuk-ngetuk layar sampai keyboard muncul, ketukan di layar pada aplikasi lain seringkali berakibat pindahnya cursor ke posisi yang tanpa sengaja terketuk
  5. Aplikasi ini ringan, user tidak perlu menunggu lama sampai suatu eksekusi selesai dilakukan
  6. Terdapat fasilitas untuk meng-convert file ke PDF
  7. Fasilitas pengaturan fontnya sangat user friendly
  8. Fasilitas bullet dan numbering-nya juga sangat user friendly, sehingga saya senantiasa berhasil untuk mengatur bullet atau numbering meski lewat perangkat mobile (HP)
  9. Dan masih banyak fasilitas lainnya, namun tidak terlalu signifikan bila dibandingkan dengan aplikasi office lainnya

Dan untuk microsoft office ny:

  • Dapat menyisipkan gambar ke dalam naskah, Title Bar terletak tepat di bagian tengah atas. Mempunyai 7 menu utama yang terkesan lebih simple dari versi sebelumnya.Toolbar ditampilkan secara vertical sehingga tidak mengganggu lembar kerja.
  • Dapat mempublish atau memposting tulisan ke blog. Sudah mulai ada perkembangan untuk ‘Save as’. Kita dapat menyimpan file dengan default yang kita hendaki yakni Word document, Word template, Word 97-2003 document. Template yang digunakan sudah mulai beragam se hingga tampilan lebih menarik.
  • Memiliki preview dari setiap ikon tentang pengaturan halaman apabila kita dekatkan kursor pada ikon yang kita kehendaki, Terdapat fasilitas untuk menggunakan ‘equation’ untuk menulis rumus. Multi dukungan untuk .NET, Web (kompatibilitas lebih bagus).dan Desain baru yang lebih mengutamakan kemudahan penggunaan. Dan dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing.

sumber :http://office.kampusrahasia.com/pengertian-fungsi-dan-sejarah-microsoft-office/

By Irvan Galuh,

Be the first to write a comment.

Your feedback