Category: Tutorial


Tips Mendapatkan Pekerjaan Dengan Cepat

By evi evi evi,

 

Mencari suatu pekerjaan dapat menjadi suatu proses yang membuat anda stres, tertekan dan memakan banyak waktu. Kita semua ingin mendapatkan pekerjaan yang terbaik yang dapat memuaskan diri sendiri dan memberi kita kestabilan finansial. Meskipun tidak ada cara yang ajaib yang dapat menjamin anda untuk mendapatkan pekerjaan, berikut adalah cara yang konkret untuk meningkatkan kesempatan anda mendapatkan pekerjaan!

1. Carilah lowongan kerja yang relevan secara daring.
Akhir-akhir ini, kebanyakan informasi lowongan kerja dipajang secara daring. Carilah berbagai macam laman web yang menampilkan informasi lowongan pekerjaan. Banyak perusahaan dan lembaga-lembaga publik memposting lowongan pekerjaan mereka langsung pada website mereka sendiri. Ada juga banyak situs yang mengumpulkan berbagai jenis lowongan kerja. Situs-situs tersebut mungkin mencantumkan banyak pekerjaan namun tidak semua akan sangat sesuai untuk Anda.

Pastikan Anda memperhatikan batas waktu lamaran dan petunjuk rinci yang menguraikan bagaimana melamar. Jangan buang waktu Anda dengan melamar pekerjaan jika batas waktu pendaftaran telah berakhir2. Lamarlah 2.Pekerjaan yang cocok untuk keahlian dan pengalaman Anda.

Hal ini tidak berarti bahwa Anda harus benar-benar cocok dalam setiap aspek dari lamaran kerja tersebut tetapi Anda tidak ingin membuang-buang waktu berharga Anda dengan melamar pekerjaan yang mana Anda tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Selama Anda cocok dengan sebagian besar spesifikasi pekerjaan yang berlaku untuk pekerjaan itu.

  • Jika Anda sangat membutuhkan pekerjaan dengan cepat, daftarlah lebih banyak pekerjaan. Hal ini tidak berarti bahwa Anda harus melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan Anda, berpikirlah di luar kebiasaan ketika mempertimbangkan pekerjaan apa yang telah memenuhi syarat Anda. Keterampilan yang kita miliki dapat selalu diterjemahkan ke dalam posisi pekerjaan lain yang sedikit berbeda.

Anda juga dapat mempertimbangkan melamar kerja diluar wilayah anda atau diluar jam kerja yang anda inginkan. Tidak ada pekerjaan yang sempurna tapi yang jelas memiliki pekerjaan lebih baik daripada tidak memiliki pekerjaan3. Prioritaskan melamar pekerjaan dengan pemilik pekerjaan yang membutuhkan banyak lowongan pekerjaan.

Jika anda ingin mendapatkan pekerjaan dengan cepat, rintangan anda akan menjadi lebih mudah jika pekerjaan yang anda lamar membutuhkan banyak pekerja untuk dipekerjakan. Hal ini dapat menunjukkan bahwa pekerjaan tersebut bukanlah yang terbaik, tetapi anda mungkin dapat mendapatkan pekerjaan dengan cepat.

4. Berbicaralah dengan pemilik pekerjaan yang prospektif. Jika anda ingin mendapatkan pekerjaan dengan cepat, anda harus menjadi proaktif dan tunjukkanlah kepada calon atasan anda bahwa anda benar-benar serius akan posisi yang anda lamar dan bahwa anda adalah orang yang tepat bagi pekerjaan tersebut.

  • Waktu yang tepat bagi anda untuk berbicara dengan pengamat prospektif anda adalah ketika anda menyerahkan berkas lamaran anda tetapi mungkin lebih baik untuk mencoba berbicara sebelumnya. Tanyalah tentang pekerjaan dan tugas yang diemban oleh anda secara spesifik kepada mereka. Tunjukkan bahwa anda benar-benar tertarik menjadi pekerja yang enerjik dan termotivasi. Pastikan untuk mempersiapkan pertanyaan sebelumnya untuk menghindari keheningan.

Berpakaianlah secara profesional ketika bertemu dengan calon atasan. Jangan berpakaian dengan pakaian olahraga anda, anda harus menunjukkan bahwa anda benar-benar serius!5. Gunakan 5. 5. Gunakan hubungan personal anda. Akhir-akhir ini banyak orang yang mendapatkan pekerjaan melalu hubungan personal dan jaringan.[1] Anda mungkin akan mendapatkan pekerjaan jika anda memiliki orang dalam yang membantu anda agar dapat diterima. Jangan ragu untuk memberitahu orang-orang di kehidupan anda bahwa anda sedang mencari pekerjaan. Anda tidak akan pernah tahu siapa yang memberi jalan untuk pekerjaan yang sempurna bagi anda.

  • Terdapat bermacam laman web yang khusus membantu anda mengatur jaringan profesional anda. Laman-laman ini dapat membantu anda untuk menggunakan bermacam hubungan personal ketika anda mencari pekerjaan.
    6. Mintalah bantuan dalam mencari pekerjaan. Jika anda ingin mendapatkan pekerjaan dengan cepat, pusat pelayanan masyarakat, seperti kantor penempatan kerja kota, mungkin tempat yang terbaik untuk dikunjungi. Hubungi mereka tentang pelayanan apa yang dapat mereka tawarkan pada anda. Banyak kantor yang memiliki program konseling yang mungkin cocok untuk memenuhi kebutuhan anda.

sumber : http://id.wikihow.com/Mendapatkan-Pekerjaan-dengan-Cepat

Belajar Bentang Sejarah Jawa Barat Melalui Museum Diorama Purwakarta

By evi evi evi,

Bale Panyawangan Diorama Purwakarta

 

Kata siapa mengunjungi museum itu membosankan? Di Purwakarta, mengunjungi museum bisa menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan tanpa harus melupakan sisi edukasi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah sejarah. Belajar tidak harus membosankan, bukan?

Bale Panyawangan Diorama atau Museum Diorama menawarkan pengalaman belajar yang berbeda. Narasi-narasi sejarah yang ada di Museum ini dibangun secara interaktif melalui media digital sehingga membuat pengunjung seakan-akan ikut terbawa dalam suatu periode sejarah yang sedang diceritakan.

Museum Diorama merupakan tempat yang tepat bagi anak-anak untuk belajar sejarah karena Museum ini dilengkapi juga dengan berbagai macam aktifitas seru, seperti mendayuh sepeda onthel mengelilingi kota melaluivirtual reality atau mengenal berbagai macam potensi daerah di setiap kecamatan di Purwakarta melalui layar sentuh. Di museum ini juga terdapat sebuah Teater mini yang digunakan untuk menonton film-film tentang sejarah Purwakarta.

Diresmikan 2 tahun lalu oleh Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, Museum yang berada tepat di jantung ibu kota Purwakarta ini merupakan bentuk dari kepedulian masyarakat Purwakarta terhadap sejarah budaya Nusantara dan juga sejarah budaya Sunda.­­

Dalam museum ini terdapat sembilan narasi besar sejarah yang digambarkan ke dalam sembilan bagian ruangan dalam museum, yaitu :

  1. Bale Prabu Maharaja Linggabhuwana, menyajikan Sejarah Tatar Sunda.

  2. Bale Prabu Niskala Wastukancana, menampilkan sosok para pemimpin Purwakarta

  3. Bale Prabu Dewaniskala, menggambarkan Purwakarta pada masa pengaruh Mataram, VOC dan Hindia Belanda dalam rentang waktu tahun 1620-1799

  4. Bale Prabu Ningratwangi, menyajikan Purwakarta pada masa Hindia Belanda tahun 1800-1942

  5. Bale Prabu Jayaningrat, menampilkan gambaran Purwakarta pada masa pergerakan nasional dan masa pendudukan Jepang

  6. Bale Prabu Ratudewata, menyajikan keadaan Purwakarta pada masa kemerdekaan 1945-1950, dimulai dengan Peristiwa Rengasdengklok, dan pada jaman Demokrasi Liberal tahun 1950-1959

  7. Bale Prabu Nilakendra, menampilkan Purwakarta pada masa Demokrasi Terpimpin 1959-1967

  8. Bale Prabu Surawisesa, menyajikan Purwakarta pada masa pemerintahan 1968-1998, serta Era Reformasi 1998 hingga sekarang

  9. Bale Ki Pamanah Rasa, memberikan gambaran “Digjaya Purwakarta Istimewa” tahun 2008-2018.

Museum Diorama beroperasi setiap hari. Senin-Jumat dari pukul 09.00-15.00 WIB. Sedangkan Sabtu-Minggu dari pukul 09.00-13.00 WIB. Mari berkunjung ke Museum!

sumber : http://www.purwakartakab.go.id/articles/belajar-bentang-sejarah-jawa-barat-melalui-museum-diorama

Jadwal Air Mancur Sri Baduga Purwakarta

By Irvan Galuh,

foto : humas Purwakarta

 

Taman air mancur terbesar di Asia Tenggara baru saja diresmikan pada Sabtu, (9/1). Kini Taman Air Sri Baduga Tahap II telah diresmikan mengikuti peresmian tahap I pada tahun lalu. Salah satu yang berbeda dibanding tahap I, pada tahap II ini dilengkapi dengan air mancur menari setinggi enam meter, serta papan membentuk huruf T di tengah danau yang diperuntukkan untuk tempat pementasan tarian di sela pertunjukkan air mancur.

Untuk melengkapi suasana taman, maka lampu laser siap memberikan efek untuk memperindah Taman Air Mancur Sri Baduga.

 

Jam Pertunjukan Air Mancur Di Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta

Aktualita.co – Taman air mancur terbesar di Asia Tenggara baru saja diresmikan pada Sabtu, (9/1). Kini Taman Air Sri Baduga Tahap II telah diresmikan mengikuti peresmian tahap I pada tahun lalu. Salah satu yang berbeda dibanding tahap I, pada tahap II ini dilengkapi dengan air mancur menari setinggi enam meter, serta papan membentuk huruf T di tengah danau yang diperuntukkan untuk tempat pementasan tarian di sela pertunjukkan air mancur.

Untuk melengkapi suasana taman, maka lampu laser siap memberikan efek untuk memperindah Taman Air Mancur Sri Baduga.

Foto: Humas Purwakarta

Bagi Anda yang ingin menyaksikan pertunjukan air mancur di Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta agar mengatur waktu wisata menjelang jam pertunjukan.

Pertunjukan air mancur sendiri akan digelar rutin setiap hari sabtu atau malam minggu pada pukul 19.30 WIB dan berakhir pukul 22.30 WIB. Untuk menyaksikannya tidak dipungut biaya alias gratis. Sehingga Taman Air Mancur Sri Baduga bisa menjadi alternatif wisata keluarga di Purwakarta.

Sedangkan bagi Anda yang hanya ingin sekadar menikmati suasana taman air mancur, maka kawasan Situ Buleud akan dibuka secara umum setiap harinya. Pada hari biasa, air mancur tetap akan menyembur tetapi tanpa ada efek tambahan.

Untuk pagi hari dibuka mulai pukul 05.00 WIB hingga 09.00 WIB berbarengan dengan waktu olah raga masyarakat. Adapun pada malam hari kawasan tersebut dibuka sejak pukul 17.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

sumber : sumber

Menguasai komputer dalam 1 hari

By Irvan Galuh,

img_20161009_184737_hdr

Apabila kita ingin menguasai komputer dalam waktu sekejap mata bahkan menguasai komputer dalam 1 hari, itu tidaklah mungkin. Bahkan mie instan yang berlabel “instan” pun juga ada prosesnya sampai bisa dimakan. Begitu pula dengan belajar komputer, cara cepat belajar komputer yang paling utama adalah dengan dilandasi dengan niat yang sungguh-sungguh.

Dalam sebuah komputer terdapat beragam hal yang perlu kita pelajari, seperti software, hardware, dan sebaris program dan aplikasi lainnya yang jumlahnya nyaris tak dapat terhitung bayaknya. Karena itu, untuk mempelajarinya harus melalui tahapan dan fokus pada satu bab tertentu sebelum menginjak ke bab selanjutnya.

Maka kita perlu dengan yang namanya target, apabila kita sudah memiliki target utama yang ingin kita kuasai, ini akan mempermudah kita dalam beraksi. Buat apa banyak memiliki rencana tapi tidak dilakukan?

 

Untuk menemani proses belajar komputer, kita bisa memilih buku panduan atau mungkin artikel yang banyak tersedia di berbagai toko buku maupun di internet lalu segera mempraktekkan ilmu yang baru saja kita dapat. Atau, mungkin kita juga bisa meminta bimbingan dari teman yang pintar mengoperasikan komputer, dan sekali lagi praktekkanlah dengan segera dan sesering mungkin.

 

Ada banyak bagian dari komputer beserta dunianya yang bisa kita uraikan menjadi lebih banyak lagi. Mulai dari program, website, jaringan komputer, internet dan masih banyak lagi. Lalu bagaimanakah solusinya? Sekali lagi, kita harus membuat target mana yang harus kita perdalam lebih dulu sebelum kita memutuskan untuk mempelajari hal lain.

Sebelum membeli atau memilih buku yang ingin kita baca, di toko buku ataupun di perpustakaan kini menyediaka banyak buku yang siap untuk kita jadikan teman belajar mengoperasikan komputer, dengan banyak membaca dan mempraktekkan, secara tidak sadar kita otomatis akan menjadi mahir dengan sendirinya.

Pada intinya, dalam hal cara cepat belajar komputer kita memang membutuhkan tahapan tahapan tertentu. Sekali lagi cara paling mudah untuk belajar cara mengoperasikan komputer adalah dengan seringnya menggunakan komputer. Karena tidak menutup kemungkinan, bisa menggunakan komputer adalah dengan hanya terbiasa saja.

Semoga dengan adanya postingan ini, kita dapat segera menguasai apa yang ingin kita kuasai, semuanya memang butuh yng namanya proses. Bahkan gunung yang besar pun juga terdiri dari sebuah kerikil yang kecil yang menyusunnya.

Dan yang tidak kalah pentingya bahwa kita harus yakin bahwa kita bisa menggenggam dunia dengan fasilitas yang terdapat di dalam komputer dan bisa mahir setelah menerapkan cara cepat belajar komputer ini

10 Cara Meningkatkan SKill dan Kemampuan

By Irvan Galuh,

 

 

Sudah puaskah Anda dengan posisi yang ditempati? Sebaiknya jangan. Kunci mencapai karier yang memuaskan adalah dengan meningkatkan skill profesional.

Salah satu kunci sukses berkarier adalah jangan pernah membiarkan diri stagnan. Anda harus punya motivasi dan keyakinan untuk maju. Namun, tak cuma motivasi, Anda juga harus punya skill memadai. Ini tak hanya didiamkan begitu saja, Anda harus mengatur dan meningkatkan kemampuan Anda secara efektif. Upgrade kemampuan atau skill akan membuka kesempatan lebih besar untuk meraih posisi puncak, juga akan menjaga Anda terdepak akibat persaingan di kantor.

Intinya, jangan cepat puas dan carilah cara untuk meningkatkan kualitas profesionalisme. Tak ada yang akan menikmati hasilnya selain diri sendiri, kok. Nah, berikut adalah beberapa trik untuk upgrade skill Anda:

1. Nilailah diri sendiri


Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya Anda mengawalinya dengan menilai kinerja diri. Penilaian harus obyektif dan realistis. Jika Anda merasa kinerja Anda belum maksimal, nilailah seperti itu. Ambilah kertas, kemudian tuliskan poin-poin tugas apa saja yang Anda hadapi di kantor. Lalu, tanyakan pada diri Anda, seberapa jauh mampu menangani poin-poin tersebut.

Misalnya, jika Anda seorang supervisor TI, tanyakan seberapa cepat Anda mampu mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini? Tanyakan juga apakah Anda menikmati tugas-tugas tersebut. Daftar singkat ini akan membantu Anda memperoleh gambaran utuh mengenai kinerja Anda sendiri. Setelah diperoleh gambaran utuh, Anda bisa memutuskan, aspek mana yang sudah Anda kuasai, dan aspek mana mana yang perlu ditingkatkan.

2. Terus belajar


Pahamilah bahwa karier profesional merupakan sebuah proses di mana Anda memiliki kesempatan untuk mengikutinya terus menerus.

Jadi, gunakan kesempatan ini untuk menguasai kemampuan prosefesional. Kerjakan semua tugas dengan sebaik-baiknya, ikuti aturannya, cari tahu kelebihan dan kelemahan proses yang Anda ikuti, dan seterusnya. Dengan demikian, Anda akan mampu menjalankan semua tugas Anda dengan baik, saat ini dan di masa datang.

3. Be Responsible


Meskipun berada dalam naungan sebuah perusahaan, Anda yang akan menentukan karier. Jadi, bertanggungjawablah dan pastikan bahwa Anda mengambil semua peluang untuk meningkatkan skill profesional Anda. Memperoleh tawaran untuk mengikuti training , seminar, atau keanggotaan sebuah asosiasi profesional? Tak perlu ragu untuk ikut dan bergabung karena skill pun akan semakin kaya.

4. Jaga kinerja


Selain bertanggungjawab, Anda juga harus menerapkan standar pribadi di dalam mengerjakan tugas profesional Anda. Standar inilah yang akan menentukan kualitas kinerja. Di sisi lain, kinerja inilah yang akan menjadi dasar kenaikan jabatan atau promosi. Jadi, jangan segan bertanya kepada atasan. Jika memang merasa perlu, mintalah job atau tugas baru yang menurut Anda menantang. Namun, jangan asal meminta penugasan. Ukur kemampuan dan yakin bahwa Anda memang mampu menerima tugas.

5. Jaga hubungan kerja


Meski tampaknya tak terkait langsung dengan skill , menjaga hubungan kerja dengan semua level merupakan salah satu strategi penting untuk mengembangkan kemampuan. Berusahalah agar mampu bekerja dalam tim secara efektif. Gunakan semua contoh dan teori profesional yang Anda punya untuk meningkatkan kinerja. Jika memungkinkan, jadikan diri Anda sebagai salah satu contoh bagi rekan kerja.

6. Ciptakan jaringan


Sisihkan dulu urusan kantor. Kini, saatnya untuk bersosialisasi dan menciptakan jaringan di luar kantor. Anda bisa bergabung dengan komunitas profesional di luar posisi karier, namun tetap bisa meningkatkan kualitas kinerja Anda. Contohnya, jika Anda seorang akuntan, tak ada salahnya bergabung dengan komunitas bursa. Yakinlah, ilmu dan jaringan yang Anda peroleh dan bina di komunitas itu akan sangat membantu karier di kemudian hari.

7. Carilah mentor


Cara terbaik menguasai sebuah bidang adalah belajar dari ahlinya. Jadi, jangan ragu untuk mencari mentor atau guru. Tentu, bukan dalam arti harfiah. Anda bisa, kok, misalnya “berguru” kepada penulis favorit Anda melaui buku-buku karyanya. Secara tak langsung, Anda akan menguasai ilmu Sang Ahli tersebut dan kemudian Anda terapkan dalam tugas sehari-hari. Tapi, bisa juga Anda langsung meminta petunjuk dari ahli yang Anda kenal. Yang penting, Anda yakin bahwa “guru” Anda ini memang ahli dan sudah memiliki pengalaman di bidangnya.

Kalau perlu, carilah mentor sebanyak-banyaknya. Semakin banyak mentor, semakin banyak ilmu yang bisa diserap, sehingga ketika dihadapkan pada suatu persoalan kerja, Anda memiliki banyak solusinya.

8. Siapkan masa depan


Selalulah bertanya, “Apa yang akan terjadi esok? Bagaimana mengatasinya?” Salah satu ciri pemenang adalah selalu selangkah di depan lebih dulu ketimbang kompetitornya. Ketika kompetitor tengah asyik bergulat dengan persoalan hari ini, Anda sudah mencari solusi untuk persoalan yang muncul esok hari. Cobalah berlatih membiasakan diri untuk berada selangkah di depan. Dijamin, Anda akan menikmati hasilnya lebih cepat dari yang Anda perkirakan.

9. Asah terus skill Anda


Dewasa ini banyak sekali tawaran pelatihan atau kursus singkat untuk semua bidang profesi, dari mulai pelatihan soal keuangan perusahaan, pelatihan program komputer, pelatihan leadership , dan sebagainya. Nah, seperti halnya poin ke-2 di atas, jangan ragu untuk mengikuti pelatihan-pelatihan, sekalipun tak berkait langsung dengan posisi Anda. Jangan takut untuk mengikuti tes uji kemampuan. Biasanya, ketakutan dan keraguan muncul ketika Anda belum melangkah. Begitu melangkah, Anda pasti mampu mengatasi keraguan-keraguan tadi dengan segera. Pengayaan skill ini sudah pasti akan menjadi poin tersendiri dalam menjalani karier Anda.

10. Jangan lupakan teknologi


Ada banyak sekali situs atau jaringan sosial yang bisa Anda buka dan membantu meningkatkan skill Anda. Cara paling mudah adalah mencarinya di Google. Anda juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas di Facebook atau Twitter. Jika Anda tertarik untuk meningkatkan kemampuan negosiasi, Anda bisa misalnya “berteman” dengan jago marketing , jika Anda berniat mempelajari program komputer, Anda bisa bergabung dengan komunitas progammer komputer, dan sebagainya.

sumber: Hasto Prianggoro/dari berbagai sumber, nova

 

Workshop Desain Grafis di Purwakarta [GRATIS]

By Irvan Galuh,

Halo dulur dulur sadayana,
Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Purwakarta, kami dari Purwakarta Creative Movement mengadakan Pelatihan Gratis tentang Desain Grafis, dan apa saja manfaatnya? :
Membuka Peluang Baru dalam Bekerja
Nanti akan membahas bagaimana mendapatkan Dollar dari internet bermodalkan desain grafis, bagaimana berbisnis digital di era yang sudah sangat global seperti sekarang.
Kiat berbisnis di bidang Desain Grafis
Selain untuk berbisnis digital bidang desain grafis juga banyak di pakai di bisnis offline seperti dibidang percetakan. Akan dibahas bagaimana memulai bisnis percetakan dari awal.
JANGAN TAKUT DAN JANGAN MALU
WORKSHOP ini terbuka bagi semua kalangan, yang sudah memiliki basic desain ataupun tidak. Siapapun bisa menjadi bagian dari bisnis desain ini. Selama dia memiliki kemauan belajar dan terus berusaha.
GRATIS
Dan workshop ini gratis, tidak ada biaya sedikitpun yang perlu anda bayarkan.
PESERTA TERBATAS
Jumlah peserta terbatas untuk setiap gelombangnya mengingat keterbatasan tenaga, waktu dan juga tempat. Insya allah akan rutin di adakan setiap bulan. Yang di gelombang pertama kehabisan kuota bisa mengikuti di gelombang berikutnya.
PERSYARATAN :
MEMBAWA LAPTOP MASING MASING (tidak perlu punya, yang penting bawa, boleh pinjam juga)
Fotokopi Kartu Identitas (KTP, Kartu mahasiswa, Kartu Pelajar)
CARA MENDAFTAR
Datang langsung ke kantor di jalan Taman Pahlawan no 68 Purwakarta, pendaftaran tidak bisa via mobile ataupun online sebagai bukti keseriusan anda dalam mengikuti workshop mengingat acara ini gratis dan terbatas.
Ada yang kurang jelas? Silahkan message saya atau bisa juga sms/whatsapp/telp 0857 8137 0757
Hatur Nuhun

 

Habis Lulus SMA / SMK , BAGUSNYA GIMANA?

By Irvan Galuh,

halo teman teman putih abu yang baru saja lulus dari sekolah, jangan senang berlarut-larut. lulus sekolah itu bukan akhir dari penderitaan soal soal latihan loh.. 😀

 

kok gitu?

 

soalnya masalah hidup ini lebih rumit dari sekedar soal-soal fisika kimia itu loh.. serius ini. nah buat yang masih bingung mau ngapan, kemana, bikin apa dan melakukan apa setelah lulus SMA / SMK. alego kasi beberapa opsi yang semoga bisa berguna ya 😀

 

KULIAH

ya, jadi kalo ada kesempatan untuk kuliah, dalam hal ini mencakup semua aspek yah. dari segi ekonomi dan edukasi 😀

kamu kuliah saja bro, tapi ingat.. kalo kuliah jangan asal kuliah. jangan asal kampusnya bagus atau gaul

kamu harus tau passion kamu apa. skill kamu condong ke arah mana.

jangan sampe passion kamu di masak, kamu ambil jurusa desain komunikasi visual.

wah.. bunuh diri..

oke. selamat berpikir kawan kawan 🙂

oia dan satu lagi.. siapkan diri kalian untuk tugas tugas yang se abrek.. hehe

 

BEKERJA

nah.. kalo kamu mau langsung bekerja juga bisa,

bisa emang?

ya bisa dong asal kamu punya nilai jual dan lowongan pekerjaanya ada. 😀

mulai deh siapin semua kebutuhan dan persyaratan. mulai dari surat lamaran, curriculum vitae, surat tanda keterangan sehat, surat kelakuan baik,

dimana nyari kerja?

banyak di situs situs lowongan kerja.. google aja yak.. ada banyak di internet 😀

atau bisa juga kamu datang ke bursa kerja.. ada banyak banget lah opsinya..

semangats teman temaaan!!

BISNIS

kalo kamu merasa bahwa kamu punya bakat di wirausaha.. kenapa ngga bro!!

hajar aja udah.. banyak kali yang sukses dari wirausaha..

kalo mau bisnis, ikutin passion kamu, hobi kamu, biar ga bosen dan kamu akan terus explore apa yang sedang kamu geluti..

oia, kalo bisnis. jangan takut gagal!!

eh salah, malah harus siap gagal!!

kok harus siap?

karena setiap pebisnis sukses pasti mengalami kegagalan kemudian bangkit lagi.

anggap saja proses..

ayo semangaatsss!!!!

KURSUS

nah… kalo kamu belum punya skill, dan mau kuliah juga ada halangan lain. salah satunya bisa juga kursus dulu.. ada banyak kursus.. mulai kursus bahasa, kursus masak, kursus jahit, kursus komputer, banyak lah..

ingat.. ikutin passion kamu..
dengan passion,, kamu mau bikin apa juga have fun jadinya 😀

dan selalu semangattss!!!!

MENIKAH

nah ini lain cerita ini.. hehe..

ini hanya berlaku bagi mereka yang sudah siap. atau nekat.

dan tentu saja sudah punya pasangan. yang jomblo sabar dulu ya vroohh..

tau kah kamu? nikah itu bawa rejeki. jadi kalo merasa sudah siap.. ya kenapa ngga.. 😀

berjuang dari awal bareng bareng pasangan kan so sweet ya :3

oke segitu doang tips tips nya..
semoga berguna

ALEGO CREATIVE STUDIO

 

Keramik made in Plered (Purwakarta)

By rizal,

Purwakarta – Jalan-jalan ke Purwakarta, tidak jarang traveler mendapati guci atau celengan ayam dari tanah liat atau keramik. Jika tertarik, mampir saja ke Sentra Keramik Plered untuk melihat dan membeli hasil kerajinan setempat.

Nama Kecamatan Plered di Purwakarta memang sudah terkenal sebagai sentra industri keramik dan tembikar. Hasil kerajinannya pun sudah terkenal dan diekspor hingga mancanegara.

Bagi Anda yang menggemari hiasan keramik hingga tembikar pun bisa melihat langsung proses pembuatannya yang masih tradisional di Plered. Lokasinya hanya sekitar 15 Km ke arah Barat dari pusat Kota Purwakarta.

“Plered memang sentra keramik, di sana juga ada UPT (Unit Pelaksana Teknis) pengembangan keramik,” ujar Kabid Pariwisata Purwakarta, Asep Supriatna saat diwawancarai detikTravel via telepon, Kamis (3/12/2015)

Keramik dan tembikar memang seakan menjadi nafas kehidupan masyarakat di Plered. Dari sektor kerajinan tersebut, para pengrajin dapat menciptakan keramik berbagai ukuran dan bentuk dengan variasi harga berbeda.

Hasil kerajinannya juga bervariasi dari pajangan rumah hingga perkakas rumah tangga. Traveler pun bisa membeli langsung kerajinan tersebut dengan harga terbaik di Plered. Harga dari Rp 15 ribu untuk celengan ayam kecil hingga ratusan ribu untuk vas berukuran besar.

“Segala jenis perkakas rumah tangga, termasuk hiasan, harimau, karena memang sentranya di sana. Showcase dekat pabrik pembuatan,” jekas Asep.
Hayuk atuh main ke Purwakarta!

 

*detik.com

*hms2701hazmi.files

*bbk.go.id

 

Aplikasi ‘SEMAR’ Purwakarta

By dian,

Pemerintah kabupaten Purwakarta meluncurkan aplikasi ambulance online, jawa barat

Aplikasi berbasis Android ini dinamai ‘SEMAR’ (Safety Emergency Medical Rescue) yang sudah dapat diunduh secara gratis melalui fasilitas Google Play Store.

Aplikasi tersebut diperuntukkan khusus bagi warga purwakarta karena untuk dapat menggunakan akunnya diperlukan no identitas kependudukan (NIK) sesuai dengan yang tertera di KTP.

Dalam pengoperasiannya ‘SEMAR’ tidak hanya berfungsi sebagai penjemput pasien yang sakit tetapi sampai pada pasien mendapatkan perawatan.

Hal ini menjadi tugas yang dilakukan bagi para driver ‘SEMAR’ sehingga pasien yang sakit dapat segera mendapatkan penanganan yang sesuai prosedur.

‘SEMAR’ diberikan di setiap unit layanan kesehatan masyarakat, mulai dari pukesmas, kecamatan memiliki nya untuk mempermudah warga yang membutuhkan.

Kini ‘SEMAR’ sangat bermanfaat bagi warga purwakarta yang harus kerumah sakit tetapi tidak mempunyai tumpangan, maka ‘SEMAR’ menjadi altenatif.

Sejarah dan Perkembangan Komputer dan Tokoh-tokohnya

By rizal,

Tahukah Anda kapan komputer pertama kali dibuat? Dan bagaimana sejarah perkembangannya hingga menjadi komputer secanggih sekarang ini? Nah, pada kesempatan ini kami akan mengajak Anda untuk menengok kebelakang mengetahui bagaimana komputer pertama kali memulai sejarahnya. Kita akan sama-sama melihat komputer berevolusi mengikuti perkembangan zaman hingga mencapai bentuknya seperti sekarang ini, selamat membaca.

Sejarah Komputer Generasi I – V

Asal-usul sejarah perkembangan komputer tak dapat lepas dari kebutuhan manusia untuk dapat mengetahui berapa hasil dari suatu perhitungan, mulai dari perhitungan yang sangat sederhana sampai dengan yang sangat rumit. Agar dapat memperoleh suatu informasi dengan tepat dan cepat, manusia selalu berusaha mencari dan menemukan suatu alat bantu hitung dan pengolah data yang lebih baik. Pada mulanya seluruh alat bantu hitung digerakkan secara manual dengan tenaga manusia (Periode Manual Tahun 1000 SM – 1641 M), kemudian alat bantu hitung berkembang menggunakan tenaga penggerak mekanik menggunakan roda bergigi yang digerakkan tangan (Periode Mekanis 1642-1885). Pada perkembangan selanjutnya, alat bantu hitung, mesin mekaniknya mulai menggunakan tenaga listrik (Periode Elektromekanis 1886 – 1945), dan pada perkembangan terakhir menggunakan sirkuit elektronik (Periode Elektronik 1946 – sekarang).

Pada Periode Elektronik inilah kita mulai memasuki generasi komputer. Berikut ini penjelasan masing-masing dari generasi komputer tersebut:

Komputer Generasi I

Sejarah komputer generasi pertama mulai hadir pada tahun 1946 – 1956, beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:

  • Menggunakan tabung hampa udara (vacuum tubes) sebagai sirkuitnya.
  • Ukuran fisik komputer besar sehingga memerlukan ruangan yang luas serta memakai daya listrik yang besar.
  • Memiliki media penyimpanan luar berupa magnetik tape atau magnetik drum.
  • Hanya dapat dikendalikan oleh bahasa mesin (machine language) 

Adapun contoh komputer generasi pertama ini di adalah:

ENIAC (Electronik Numerical Integrator and Computer)

ENIAC (Electronik Numerical Integrator and Computer) yang dikembangkan tahun 1946 oleh John W. Mauchly dan J. Presper Eckert dari Universitas Pennsylvania merupakan First General Purpose Electronic Computer.

UNIVAC (Universal Automatic Computer)

UNIVAC (Universal Automatic Computer) sudah menggunakan pita magnetik sebagai media input dan outputnya. Merupakan komputer komersial pertama yang dipakai oleh Biro Sensus Amerika Serikat untuk digunakan dalam menghitung sensus penduduk dan sebagai komputer pertama yang dibuat untuk tujuan aplikasi bisnis.

IBM 701 dan IBM650

IBM 701 dan IBM650 yang sudah merupakan komputer komersial berukuran besar. Sudah menggunakan magnetik drum untuk media penyimpanan luarnya.

Komputer Generasi II

Sejarah komputer generasi kedua mulai populer pada awal tahun 1960-an. Beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:

  • Sudah menggunakan transistor untuk sirkuitnya. Transistor dikembangkan di Bell Laboratories tahun 1947.
  • Lebih kecil, cepat, dapat diandalkan, dan hemat energi dibanding generasi komputer pertama.
  • Menggunakan bahasa assembly yang terdiri dari singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner

Contoh komputer generasi kedua yang dikembangkan saat itu adalah IBM 1401. Sejak tahun 1965, sebagian besar bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi ini untuk mengolah informasi keuangan.

Komputer Generasi III

Adapun contoh komputer generasi ketiga ini di antaranya:

IBM S/360

Komputer Generasi IV

Sejarah komputer genarasi keempat (1971), beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:

  • Mulai dikembangkan komputer micro yang menggunakan prosesor dengan general purpose microprocessor yang dikembangkan oleh Intel (Intel 8080)
  • Mulai digunakannya LSI (Large Scale Intergartion) yang merupakan pemadatan beribu-ribu IC (Integrated Circuit) dalam sebuah chip. Kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration).
  • Pada generasi ini hampir sebagian besar komputer telah menggunakan sistem operasi dengan konsep GUI (Grapihical User Interface). Seperti sistem operasi Microsoft Windows buatan Microsoft Corp.

Adapun contoh komputer generasi keempat ini di antaranya:

Apple II

Komputer Generasi V

 

Sejarah komputer generasi V dikembangkan sejak tahun 1985, beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:

  • Di Jepang didirikan ICOT (Institute for new Computer Technology) untuk mengembangkan komputer generasi kelima, yaitu menciptakan komputer yang powerfull dan intelligent.
  • Dikembangkannya sistem komputer yang memiliki unsur artificial intelligence yang dapat mengerjakan tugas dengan karakteristik seperti manusia (intelligent, imagination, dan intuition) dengan natural language (bahasa sehari-hari).

Tokoh Perkembangan Komputer

Dalam sejarah perkembangan komputer, deretan tokoh berikut ini adalah mereka yang berjasa dalam pengembangan tersebut. Di antaranya adalah Charles Babbage, Ada Augusta Byron, Herman Hollerith, Thomas Watson, Bob Noyse dan Gordon Moore, Steven Jobs dan Steve Wozniak, Bill Gates dan Paul Allen, Richard Stallman, Linus Torvalds. Berikut ini kita akan melihat seperti apa jasa para tokoh tersebut:

Charles Babbage

Seorang penemu dan ahli matematik yang lahir di Inggris tahun 1791. Berhasil membuat model mesin yang dinamakan Difference Engine dan merancang Analytical Engine. Di kenal dengan sebuatan Bapak Komputer Modern (Father of the Modern Computer) karena dalam rancangannya Analytical Engine mempunyai lima unsur yang terdapat pada komputer modern, yaitu:

  • Alat masukan (input device).
  • Tempat penyimpanan data yang akan diproses.
  • Alat pemrosesan.
  • Unit pengontrol pengolahan
  • Alat keluaran (output device)

Augusta Byron

Dikenal sebagai programmer pertama (First Computer Programmer) karena membantu mengembangkan instruksi untuk menjalankan Analytical Engine.

Herman Hollerith

Tahun 1886 membuat Tabulating Machine yang digunakan untuk menghitung hasil sensus penduduk Amerika Serikat di tahun 1890 dengan cepat. Tahun 1896 mendirikan Tabulating Machine Company dan tahun 1924 melakukan merger dengan dua perusahaan lain dan membentuk International Business Machines Corporation – IBM Co.

Thomas Watson

Pada tahun 1924 – 1956, memimpin International Business Machines (IBM) dan berhasil membawa IBM mendominasi pasar sebagai pemasok mesin pengolah data dan mulai menjadi pengembang komputer ternama. Sejak tahun 1981, IBM memasuki bisnis komputer mikro dengan memperkenalkan IBM PC.

Bob Noyce dan Gordon Moore

Tahun 1968 mendirikan Intel dan tahun 1971 memperkenalkan microprocessor pertama (4004).

Steven Jobs dan Steve Wozniak

Tahun 1976 memperkenalkan Apple I, yaitu komputer pertama dengan keyboard dan layar. Membentuk perusahaan Apple Computer Inc. dan mengembangkan Apple II. Perusahaan Apple pertama kali mengembangkan penggunaan mouse pada personal computer-nya di tahun 1983.

Bill Gates dan Paul Allen

Sebagai pendiri perusahaan Microsoft. Tahun 1980 IBM memilih Microsoft untuk mengembangkan sistem operasi bagi IBM PC dan hasilnya adalah sistem operasi yang dikenal dengan nama MS-DOS. Tahun 1990 perusahaan Microsoft mendominasi pasar perangkat lunak (software) dengan semakin luasnya penggunaan sistem operasi Microsoft Windows dengan berbagai program aplikasi untuk keperluan bisnis, teknik, pendidikan, dan pribadi.

Richard Stallman

Tahun 1984 mengawali proyek GNU (GNU’s Not Unix), yaitu sistem operasi mirip Unix yang bersifat free software. Tahun 1985 mendirikan lembaga Free Software Foundation yang mensponsori pengembangan free software.

Linus Torvalds

Tahun 1991 mengembangkan sistem operasi Linux yang kemudian disebarluaskan secara Open Source. Sistem operasi Linux banyak diaplikasikan untuk server pada sistem jaringan.

 

Sumber : ilmusiana.com wikipedia.org fwtunesco.org rediff.com  digitalmediaacademy.org forbesimg.com